Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Harga Ikan Cupang Mahal?

 

Mengapa ikan cupang mahal harganya?
Ikan cupang menjadi salah satu tren ikan hias yang menjanjikan. Harganya pun bervariasi mulai dari lima ribuan sampai jutaan rupiah. Wow fantastis kan, mengapa bisa demikian? Hal ini tentu tidak serta merta semua ikan cupang bisa dikatakan sebagai ikan berkelas yang harganya diatas rata-rata. Semua itu ternyata berjenjang guys, ikan cupang lokal misalnya yang biasa dijual di SD paling mentok diharga lima sampai puluhan ribu saja. Karena target pasarnya ke anak-anak kecil di sekolah-sekolah. Biasa dulu waktu kita masih SD segitu deh dengan tiga ribu rupiah saja sudah dapat ikan bagus pada jamannya. Nah untuk jaman now tentu sudah berbeda meski tetap ada saja yang harga tiga ribuan paling dapat ikan sortiran.
Ikan cupang yang mahal ternyata memiliki karakteristik tersendiri, misalnya dari garis keturunan genetik si ikan tersebut sebagai contoh cupang nemo galaxy, yang memiliki corak seperti kartun ikan nemo dan bertotol dan masih banyak lagi lainnya seperti cuoang dumbo ear yang memiliki sirip lebar di bagian belakang insangnya seperti terlihat bagai kuping gajah. Hal demikian menjadi daya tarik dan nilai eksotik tersendiri bagi pemggemar ikan cupang yang membuat nilainya tinggi dan tentu membuat harga ikan cupang benar-benar mahal. Bukan hanya itu saja, kadang relatif juga dalam penilaian ikan cupang untuk menjadikannya mahal seperti memiliki karakterisktik warna berbeda dengan jenis-jenis lainnya. Jadi tetap relatif juga kadang yang lokal pun bisa mahal jika pembelinya pun berminat. 
Selian dari faktor keturunan genetik ya ternyata perawatan saat perkembangbiakan sampai dengan dewasa itu tidak mudah. Persentase keberhasilannya cukup kecil ternyata. Hal ini juga memungkinnya harga ikan cupang tetap mahal dan stabil. Untuk memperoleh kesuksesan mengembangbiakan ikan cupang nyatanya cukup sulit terlebih saat ikan cupang berada pada fase umur 0-1 bulan adalah fase rawan kematian. Pada fase ini burayak ikan cupang sangat sensitif terhadap kondisi air serta kebutuhan pakan yang cukup dan tidak berlebih. Kelebihan pakan juga dapat membuat kematian pada burayak cupang dikarenakan pakan yang berlebih dapat mengotori air kolam tersebut. Kematian masal menjadi momok yang mengerikan bagi para breeder cupang di fase ini. Dari ini tentu kesulitan mengembangbiakan ikan cupang menjadi salah satu faktor juga yang membuat ikan cupang ini menjadi mahal selain dari karakteristik genetiknya. 

1 comment for "Mengapa Harga Ikan Cupang Mahal?"

  1. Like its northern neighbor New Jersey, Delaware is among the most progressive gaming states alongside the East Coast. While Kansas is no Las Vegas, it offers residents and guests some choices via selection of|quite lots of|a big selection of} gambling niches in person - though none via the internet. The finest online gambling sites offer gamers a generous welcome bonus with 카지노 사이트 low wagering requirements nicely as|in addition to} some additional promotions.

    ReplyDelete